Kamis, 05 April 2012

Senyum Terakhir

hai-hai kayanya masih buntu buat lanjut cerbung , mending pada baca cerpen ku yoo .. kalo jelek maaf  lho yaa
lanjut :D

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Beginilah suasana lapangan tenis diperkampungan rumah seorang pemuda tampan  . memang pemuda ini bukan anak yang miskin tapi sejak kedua orang tuanya meninggal dia lebih memilih tinggal diperkampungan dan menyimpan baik-baik hartanya untuk disumbangkan nantinya. Alvin , nama anak lelaki tampan ini, dia bersekolah disekolah swasta terfavorite di jakarta bukan karena kekayaannya tapi karena kepandaiannya , di sekolah bahkan tak ada yang tau siapa jati diri anak ini . bahkan sahabat-sahabatnya pun tak tau.
Sore ini seperti kegiatan biasa alvin memainkan bola basketnya dilapangan ini, disekolah memang tak pernah ada yang tau kalo cwo satu ini handal main basketnya. Tak terasa hari sudah menjelang gelap , alvin pulang menuju rumah 2 petaknya.

Esok paginya alvin jalan kaki menuju sekolahnya , digerbang langsung disambut rio dan iel sikembar yang juga ke2nya adalah sahabat alvin
“hei my bro, widiih tumben gak telat”kata rio sambil merangkul alvin

“hahaha songong lo, gue gak pernah telat, emang lo berdua”kata alvin disertai tawanya “eh gua duluan yaa, gamau ganggu kalian”kata alvin kemudian berlalu pergi meninggalkan rio dan iel

“dasar sobat lo tuh”kata iel rada bingung ama sikap alvin akhir-akhir ini

“sobat lu juga”balas rio sambil noyor kepala iel, iel meringis sakit . tak lama setelah itu yang ditunggu datang, 2 gadis cantik berseragam rapi lengkap dengan gaya yang modis, rio dan iel hanya geleng-geleng kepala ngeliat 2 gadis ini .

“hheeeiiii”ucap rio nyengir sambil ngelambaiin tangan ke 2 gadis itu yang jelas pasti salah satunya adalah pacarnya

“ehh udah pada disini , ehhmm.. ada yang kurang tau”ucap via sambil celingak-celinguk cari sesuatu

“hahaha sahabat lo lagi sensi tuh, udah kekelas duluan...gausah dicari kan ada gua”kata iel narsis, via melengos pergi gitu aja nyari alvin

“sabar yaa yel”ucap ify prihatin

“sedihnya gua jadi lu.udah yuk fy tinggal aja ni orang”ledek rio kemudian ngajak ify masuk kedalem sekolah


Dikelas alvin sedang membaca buku fisikanya, via yang datang langsung nyerobot duduk disamping alvin, alvin hanya menoleh sebentar lalu tersenyum
“vin kok tadi gak ikut nunggu gua sama ify didepan”protes via

“maaf yaa gue gak mau ganggu lo sama iel tau jadinya gua duluan deh”ucap alvin lembut sambil tersenyum

“janji gak gitu lagi, gue sama iel tuh gak ada apa-apa jadi lo gak ganggu so lo mesti janji gak akan kaya gitu”kata via nyerocos gak berenti. Alvin menjawab dengan anggukan dan senyuman samar

“yaudah gua duluan yaa.. daaahhh alviinn”ucap via kemudian pergi ketempat duduknya . selama pelajaran alvin merasakan hantaman keras dikepalanya tapi dia hanya mencoba menahannya, rio yang tau perubahan raut wajah alvin hanya menatapnya bingung tanpa bisa bertanya , rio ngeri juga kalo mesti disambit penghapus sama pak duta

Gak terasa udah bel istirahat. Anak-anak kelas XI IPA 2 langsung berhambur keluar kelas, yang tersisa tinggal rio sama alvin, soalnya iel ngebasket dan sivia dan ify ke perpus

“bro lu kenapa?”tanya rio ngeliat alvin yang kayanya kesakitan gitu

“gapapa yoo, ehmm lo gak keluar?”tanya alvin mengalihkan pembicaraan

“males gua keluar, ngantuk gua vin tapi dikelas juga gak bisa tidur”jelas rio alvin hanya tersenyum melihat sahabatnya itu, tak lama ify dateng kekelas sama via. Mereka langsung ngehampirin alvin sama rio

“ehh kalian gak istirahat?”tanya ify pada alvin dan rio

“gua istirahat atau gak emang lo peduli? Iisshh mimpi apadeh punya pacar begini”ucap rio ketus, ify menatapnya tajam

“apasih lo liat-liat? Gua keren? Emang”kata rio PD dan cuek

“ihh PD lo, abis ketiban apa punya pacar gak banget begini”balas ify jutek

“udaah deh kalian , jangan ribut lagi”kata via memisahkan , alvin hanya tersenyum melihat kejadian ini


Dirumahnya alvin tertidur di kasur lantainya sambil masih menahan sakit, dengan tenaganya yang tersisah dia mengembil sebuah bingkai foto yang ada dimeja TV rumahnya, difoto itu ada mereka ber5 dengan senyum dan gaya masing-masing

“gua takut gabisa bareng kalian lagi”lirih alvin sambil memeluk bingkai tersebut

Dddddrrrrttt....dddrrrrtttt....
Handphone alvin bergetar, 1 pesan diterima. Alvin membuka pesan itu
From: TwinGab

“vin tolongin gua dong, lusa ada tanding basket tapi goldi lagi cedera, gua kekurangan anggota.. please ya vin lo bantuin gua jadi anggota itu”
To: twinGab
“yaah salah alamat ni anak, tau sendiri gua payah main basket , masih disuruh juga... dasar !! cari yang lain deeh”
From: TwinGab
“yaudaah gua maunya lo, lusa gua tunggu ya vin. Besok gua minta lo ikut latihan, awas kalo engga!!!”
To: TwinGab
“oke atas nama solidaritas gua bantu,tapi kalo gua nyusahin lo, jangan salahin gua lo”
From: TwinGab
“haha siip brother makasiiih vin”

Alvin tak lagi membalas sms gabriel tersebut , dia kuatkan diri kemudia bangkit dari tidurnya dan berjalan mendekati sebuah box untuk mengambil bola basket

“lo hidup gua, udah lama banget gua pendem dan besok gua harus tunjukin permainan kita.. bantu gue karena mungkin besok permainan terakhir kita....”alvin menggantungkan kaliatnya lalu menghela nafas panjang “kasih gua kesan terindah buat pertandingaan itu biar gua pergi tenang soalnya sivia udah nemu yang baik dan yang pas gua percaya ! rio udah milikin ify jadi dia bisa sendiri pasti dan tinggal lo.. kasih gua kesan indah ya”ucap alvin kemudia memejamkan mata lalu kembali membuka matanya dan berjalan sambil mendrible bola basketnya, tiba-tiba saja sakitnya hilang

“kak alviiinnnn”sapa seorang anak sangat ceria

“iyaa acha makin cantik deeh, gimana kabarnyaa?”tanya alvin tersenyum ramah

“baik kak...kak alvin mau basket yaa? Semangat yaa kak”ucap acha memberi semangat “aku duluan yaa”lanjutnya lalu pergi

Alvin melanjutkan jalannya sampai akhirnya dia sampai dilapangan tenis tempat biasa dia bermain, alvin memainkan bola basket itu dengan lincah, anak-anak yang bermain bola langsung berhenti main lalu mereka melihat alvin bermain .
“kaaak keren”kata seorang anak mengacungkan jempol

“ihh kaka keren deeh ganteng pula”kata seorang gadis kecil kali ini
Alvin tersenyum lalu bermain dengan santainya

Paginya alvin datang kesekolah tepat 2menit sebelum bel masuk, hari ini dia sedikit berantakan, dia terlambat bangun pagi ini karena kepalanya sakit lagi tadi. Saat tiba dikelas dia langsung duduk ditempatnya

“tumben anak teladan baru dateng?dirumah lo ada gempa? Lusuh amat lo!! Atau kenapa deh lo? Dapet bencana apasih? Kok gak cerita?”tanya rio bertubi-tubi , alvin hanya menatapnya sambil tersenyum

“kebiasaan lo!! JAWAB”ucap rio kesel, alvin diam bingung mau jawab apa karena dia emang paling gak bisa bohong

“emmm...itu yoo...anu”kata alvin gagap belum nemu jawaban yang pas
TEEEEEEEETTTTTTT........TTTTTTTTEEEEEETTTTTTTTTTT.........
Bunyi surga terdengar ditelinga alvin, senyumnya mengembang

“haha udah bel yo”kata alvin penuh kemenangan ‘maaf, belum waktunya bro’batin alvin melirik rio yang melengos kesal

Selama pelajaran rio Cuma diem, gak tau merhatiin gak tau kesel sama alvin, intinya dia diem deh, alvin Cuma senyum-senyum aja liat rio


Latihan udah mulai dari setengah jam lalu tapi alvin belom dateng, iel yang kaya strikaan mondar-mandir gak jelas sambil ngedumel nunggu alvin .
Akhirnya orang yang ditunggu dateng juga, iel langsung melotot kearah alvin
“bro gua gabisa latian ni, besok gua ikut tapi sekarang gua izin yaa.. ada hal penting, byee”alvin langsung nyelonong pergi sebelum iel sempat menjawab

“dasarcinasipitresenyungsepludijalanditungguinmalahkaburawasajalobesokkalomainjelekguadendenglojaditigabungkus”ucap iel secepat kilat kerana kesel

“udaah lanjut latihan aja semua, biarin si cina mau ngapain kek”kata iel sewot , jujur dia masih kesel ama alvin yang seenaknya

Sementara itu alvin udah dijemput didepan sekolah, dia tengok kanan kiri setelah dirasanya aman dia langsung naik ke mobil itu

“kita langsung den?”tanya pengendara mobil

“iya cepetan ya pak, ngebut kalo bisa”kata alvin sambil tersenyum, mobil itu pun berjalan meninggalkan sekolah .

Dirumah sakit

Alvin langsung melesat menemui dokter pribadinya . alvin langsung masuk dan langsung diperiksa ..
“gimana dok? Kenapa akhir-akhir ini sakitnya makin parah?”tanya alvin setelah pemeriksaan selesai . dokter menggeleng

“kenapa dok?”tanya alvin lagi

“kondisi kamu sangat tidak baik, bagaimana bisa sejauh ini menurunnya .. vin usiamu mungkin takkan lebih dari 10 hari”ucap dokter turut prihatin kemudian alvin mengangguk dan tersenyum

“itu cukup, saya permisi”ucap alvin lalu pergi meninggalkan dokter dan keluar dari rumah sakit


Hari pertandingan tiba, alvin siap dengan kostumnya tak lupa handband ditangan kirinya .
‘alvin keren’batin via terpukau, baru kali ini dia melihat alvin sekeren ini

“cie diliatin aja, cepet-cepet tembak, sebelum diambil orang”ledek ify
“uhh apasih fy, bodo ahh”sivia manyun tak lama mereka tertawa bersama

Priiiittttttt...........ppppppprrrrrrriiiiiiiiiitttttt..........
Pluit pertandingan dimulai sudah berbunyi , pertandingan dimulai dengan sengit , alvin beberapa kali mencoba merebut bola tapi entah kenapa permainannya buruk hari ini.

‘gak bisa gini!! Gua kuat !! ayo vin’batin alvin menyemangati dirinya
Dengan sigap alvin merebut bola dari lawan , dan mendriblenya .. melewati satu per satu lawan lalu melakukan lay up dan MASUK !!

“yeeaahh”seru suporter pertandingan , rio dan iel memandang heran . alvin yang gapernah latihan main sebagus ini .
3quarter permainan berlalu dan skor masih jauh , 56-26 untuk tunas bangsa
Quarter terakhir dimulai , kini kepala alvin terasa sangat nyeri, tapi dengan semaksimal mungkin dia berusaha , permainan alvin yang menurun membuat iel bingung, shootnya berkali-kali gagal .
Tak terasa waktu tinggal 15 detik lagi .. bola ada ditangan alvin kini, pilihan akhir tinggal shoot three point, iel menggeleng lemah . skor mereka tipis sekarang . kemudian alvin mengangguk yakin lalu .. SHOOOTTTT .. bola berguling di ring lalu MASUK !! kemenangan SMA Tunas Bangsa .. iel dan rio menghampiri alvin yang sudah semakin lemah .

“hebat vin”puji rio tapi alvin tak menggubrisnya karena kepalanya terasa semakin sakit . dan BRRRUUUKKKKKKKK alvin jatuh dilapangan


Diruang ICU

Alvin selesai diperiksa dokter , keadannya sangat lemah . rio,ify,iel dan via telah berdiri disampingnya bersama seorang pria separuh baya yang terlihat dengan dandanan seorang profesional
“guuyysss....”lirih alvin memanggil teman-temannya

“iya vin kita disini” kata rio yang juga lirih

“makasih yaaa udah mau nemenin gua”kata alvin jelas namun setengah berbisik

“mas, maaf menggangu .. ini semua dokumen yang mas minta”kata pria paruh baya itu

“te..ri..ma..kas..iihh”kata alvin mulai terbata

“tunggu , ada apa sih?dokumen apa?udah kaya bos lo”kata rio gak ngerti

“biar saya jelaskan , mas alvin adalah pemilik sah perusahaan produksi terbesar di jakarta. Dan mas alvin minta saya bawa dokumen ini untuk memindah tangankan aset ini ke beberapa panti asuhan dijakarta”jelas pria itu. Mereka berempat tebelalak , sangat tidak percaya

“ma...af gu..a gak nga..sih ta..u ka..lian yaa”kata alvin terbata

“jelasin semua dan lo kenapa vin?”sekarang giliran iel sedikit emosi . mata via sudah kabur karena air mata yang ada dipelupuh matanya, sementara alvin berusaha tersenyum

“gua...al..vin...pew..ar..is...sah...peru..sah...aan...ter...bes...ar...di...jak...ar...ta...”dengan susah payah alvin menjelaskan , suaranya sangat payah dan sulit dikeluarkan

“taa...pi...gu...a....sim...pen...i...tu...ka..re..na...kan...ker...ini”lanjutnya dengan suara yang masih sulit diucapkan

“jadi lo sakit?”tanya iel tak percaya . dijawab dengan anggukan

“lo sakit separah itu dan gak ngasih tau kita?”kali ini rio yang bertanya , alvin masih menjawab sambil mengangguk

“lo anggap kita apa vin!!”emosi ify yang bersuara sekarang, alvin memejamkan matanya sebentar kemudian menatap ify penuh sesal

“alvin... lo tega sama gua, kenapa vin? Kenapa lo kaya gini ! lo anggap kita sampah? Iya!!”ucap via , air matanya telah jatuh membasahi pipi chubbynya

“ma...af”kata alvin lebih jelas , sepertinya sakitnya sudah berkurang, alvin menstabilkan tubuhnya untuk dapat berbicara panjang ..

“yo..fy..vi...yel...”panggil alvin lirih, semuanya menatap alvin penuh tanya

“maaf, gue gak bisa jadi sahabat baik kalian”lirihnya disertai senyuman kecil

“vin....”sivia menyentuh lengan alvin, alvin masih saja tersenyum

“jujur basket adalah hidup gua yel,yo... mungkin tadi permainan terakhir gua dan itu alasan gua gamau ngebasket dari dulu, gue gamau kehilangan basket”jelas alvin , rio dan iel menatapnya dengan sedih

“sivia itu jiwa gue yel, gue gak berani nyatain cinta ke dia karena  gua gaakan bisa mencintai dia lebih lama, liat senyumnya cukup”lanjut alvin yang menatap via dan iel bergantian

“viinnn...aku sayang sama kamu”rengek via yang mengerti maksud alvin, alvin menggeleng

“gua titip dia sob, gua percaya lo bisa”kata alvin datar “dan lo fy , makasih udah gantiin gue jadi seenggaknya gua pergi gaakan buat rio kesepian... kalian semua harus baik-baik terutama kamu vi , harus selalu senyum yaa”ucap alvin , suaraanya semakin sulit didengar

“lo ngomong apasih vin , lo pasti sembuh”ucap rio kesal mendengar ucapan alvin

“gak yo , gua udah gak kuat...”ucap alvin kemudia tangan kanannya meraih tangan via dan ditempelkan ke pipinya “biarin aku berakhir disini dengan senyum kalian”lanjut alvin semakin berat suaraanya

“vin... lo bodoh... stop ngomong gitu”gabriel juga kesal kali ini

“ma..ka..sih... gu..e..sa...yang...ka..li...an”ucap alvin lirih kemudian kedua matanya tertutup

“alviiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnn”teriak sivia histeris , tangannya masih beelum terlepas dari pipi alvin

“vin ,, sadar bro.. gak lucu bercanda lo vin... ALVIN BANGUN”ucap rio yang masih gak percaya alvin pergi

“udah kalian semua cukup !! biarin alvin tenang”ucap ify mencoba menenangkan suasan , rio berlutut, rasanya kakinya lemas

“udah vi, alvin gaakan senyum kalo lo masih nangis gini”kini gabriel berusaha menenangkan via padahal sejujurnya hatinya juga hancur


Pemakaman selesai , sivia masih berlutut diikuti rio disamping kuburan itu
ALVIN JONATHAN begitu ukiran nama dinisan tersebut, sivia benar-benar sedih dan menderita sekarang , belum sempat dia miliki alvin tapi dia udah ditinggal alvin pergi . tiba-tiba seorang anak datang menghampiri sivia , rio , ify dan iel yg masih berada dimakan alvin sambil membawa bunga violet favorite alvin

“hei kak ,, hihi baru kemarin kita ngobrol bareng pas kaka mau basket eh sekarang kaka udah tidur lama.. acha kan belum tau yang namanya via itu yang mana ... gimana aku mau kasih ini ke kak via”ucap acha tersenyum sambil menunjukkan surat dan kotak kecil tersebut

“kamu....saya sivia”kata via masih dengan terisak

“jadi ini putri heppeness ka alvin? Cantik banget, kenalin kak aku acha , oh iya ini dari kak alvin”acha memberikan barang yang tadi dibawanya “kata ka alvin aku disuruh kasih ini saat ka alvin udah gaada.. sekarang tugasku selesaai, aku permisi yaa”ucap acha pergi meninggalkan semua. Sivia membuka kotak tersebut , kalung berliontin 2 buah cincin, lalu dia langsung membuka surat itu

 Hei cantik
Kalo misalnya kamu baca ini pasti aku udah gak ada..
Nih kata yang udah lama aku pendam “I Love You” dan seekarang aku puas kamu udah tau , oh ya kalungnya dipake dan cincin yang satunya kasih ke cowok pilihan kamu yaa.. kayanya udah ya gini aja , udah cukup bawel deh buat aku yang pendiem ,, byee cantik

-love-
Alvin jonathan

Sivia tersenyum membaca surat itu, kemudian memlihat nisan alvin dan tersenyum lagi .

“yuk balik , yo biarin dia tenang dan senyum .. bye vin, thanks for everything my boy”ucap via disertai senyum lalu melangkah pergi meninggalkan makam itu dan diikuti teman-temannya

sekian .. hihi jelek yaa maaf deh :p
oia don't forget follow me @Ezza_Azizah08 yaa :D
mention for followback ,, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar